Cara Beralih Dari Rom Distributor ke Rom Official Xiaomi




Buat kalian pengguna smartphone Xiaomi yang sedang baca artikel ini, pasti lagi kebingungan untuk mengatasi xiaomi kalian yang tingkahnya tidak wajar, atau sering bikin emosi dan naik darah. Karena seringnya muncul iklan saat akses internet terhubung, atau juga karena saat buka aplikasi tiba-tiba tertutup sendiri atau force close. Bahkan sempat berfikir kalau xiaomi kalian sudah rusak, padahal baru beli kemarin di online shop.

Tapi jangan khawatir, Xiaomi kalian tidak rusak apalagi baru beli kemarin. Kemungkinan besar Xiaomi yang baru kalian beli itu mendapat Rom Distributor atau sering disebut rom abal-abal. Untuk mengatasi hal tersebut, silahkan ikuti tutorial berikut ini.

Apa Itu Rom Distributor? Dan Apa Saja Ciri-cirinya?
Rom Distributor merupakan Rom MIUI yang telah dimodifikasi oleh para distributor dengan tujuan sama-sama mendapat keuntungan antara distributor dan pembelinya. Keuntungan pihak distributor dengan modifikasi rom ini yaitu mereka bisa meletakkan iklan dan aplikasi mereka dalam rom tersebut, sehingga jika pengguna rom tersebut klik iklannya, maka pihak distributor akan mendapat keuntungan. Biasanya tipe xiaomi yang sering mendapat Rom Distributor yaitu xiaomi redmi 3/pro/prime/s/x, redmi note 3/pro, redmi 4/A/prime, dan lain-lain.

Keuntungan bagi pembeli yaitu pihak distributor telah memodifikasi Rom China Stabil yang sudah pasti support 4G dengan menambahkan bahasa Indonesia pada Rom tersebut, sehingga kita bisa akses 4G dengan bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya silahkan baca:
Perbedaan Rom Distributor, Global, dan China Pada Xiaomi

Pada saat kalian membeli smartphone Xiaomi dari online shop, dan ternyata Xiaomi tersebut mendapat Rom Distributor, maka apa yang akan kalian lakukan, tentu kalian kebingungan apalagi toko tempat kalian beli itu bukan langganan kalian, atau bahkan lost contact dengan pemilik tokonya. Jangan bingung, satu-satunya jalan keluar yaitu dengan melakukan flash ulang Xiaomi kalian agar kembali ke Rom Official tanpa iklan, tanpa bloatware, dan mendapat notifikasi pembaruan sistem secara rutin.

Cara Flash Rom Distributor Dengan Mode Fastboot/Download

Untuk menghindari terjadinya error saat proses flashing berlangsung, saya sarankan untuk backup data smartphone Xiaomi kalian.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk proses flashing diantaranya yaitu:

- PC
- Kabel data dengan kondisi yang masih bagus dan normal.
- File Rom Fastboot yang bisa kalian download dengan mengunjungi link berikut ini

Fastboot ROM

silahkan pilih Rom sesuai tipe xiaomi kalian, kemudian pilih Fastboot, lalu download full rom. Pastikan file yang didownload dengan format tgz.

- Aplikasi Mi Flash Tool yang bisa kalian download dengan mengunjungi link berikut:

MiFlashTools


Oke, langsung saja kita masuk ke proses flashing.

- Download semua bahan diatas, kemudian ekstrak file tgz, dan install aplikasi Mi Flash Tool.exe pada komputer kalian.
- Selanjutnya aktifkan fitur USB Debugging pada menu opsi pengembang di Xiaomi kalian, jika tidak tersedia menu opsi pengembang, caranya dengan tap 7 kali pada Versi MIUI di setelan Tentang ponsel.
- Kemudian matikan ponsel kalian, lalu hidupkan dengan menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan hingga masuk ke mode recovery, kemudian pilih Mode Download. Jika pada menu recovery tidak terdapat mode download, kalian bisa masuk ke mode download dengan cara menekan semua tombol yaitu tombol volume atas dan bawah bersamaan dengan tombol power. Jika masih tidak bisa masuk ke mode download, silahkan masuk ke mode fastboot dengan cara menekan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah hingga masuk ke mode fastboot. Namun untuk melakukan flashing rom via Fastboot, diperlukan unlock bootloader, untuk cara unlock bootloader silahkan baca: Cara Mudah Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi Semua Tipe (Lengkap)

- Setelah itu hubungkan ponsel kalian dengan komputer melalui kabel data.
- Buka aplikasi Mi Flash tool, lalu tekan tombol Refresh. Pastikan ponsel kalian sudah terdeteksi pada aplikasi tersebut, jika belum terdeteksi silahkan putuskan sambungan lalu hubungkan kembali.
- Setelah itu klik Browse pada Mi flash tool, lalu pilih file images pada file Rom tgz yang tadi sudah di ekstrak.


Jika file images tidak ditemukan, pastikan sebelum mengekstrak file Rom berekstensi .tgz, tapi jika file tersebut bukan .tgz silahkan rename dulu sebelum diekstrak.

- Lalu pada bagian bawah aplikasi, kalian bisa lihat pilihan flash yang bisa kalian pilih, disini saya sarankan untuk memilih Flash All supaya ponsel benar-benar terbebas dari Rom Distributor.



- Selanjutnya klik Flash untuk memulai proses flashing, dan tunggu hingga sukses. Jika terjadi error, silahkan baca cara mengatasi error pada saat flash via mi flash tool.



- Jika sudah selesai, kalian bisa cabut ponsel kalian dari komputer, kemudian restart Xiaomi kalian.


Itulah tutorial cara beralih dari Rom Distributor ke Rom Official pada Xiaomi, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, terima kasih, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Beralih Dari Rom Distributor ke Rom Official Xiaomi"

Post a Comment